Minggu, 07 Maret 2010

Kenapa Kita Butuh Belajar Bahasa Indonesia?

Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan Bahasa Indonesia, yaitu bahasa resmi negara kita Republik Indonesia. Bahasa tidak hanya sarana untuk berkomunikasi antar sesama, tetapi bahasa juga sarana untuk mempersatukan bangsa kita. Karena negara kita ini terdiri dari banyak suku dan budaya yang berbeda-beda, maka itulah Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas dari negara kita yang kaya ini.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat kaya akan suku kata, kamusnya pun lebih tebal jika dibandingkan dengan kamus bahasa lainnya menurut saya. Bahkan disetiap tingkatan pendidikan kita pasti menemukan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga pada perguruan tinggi yang terkenal sekalipun kita masih belajar Bahasa Indonesia. Terlihat betapa pentingnya Bahasa Indonesia ini terhadap kehidupan kita.

Saya pernah bertanya kepada guru saya sewaktu masih di kelas 6, saya bertanya apa jadinya bila saya tidak mau belajar Bahasa Indonesia? Dan guru saya menjawab bila saya tidak mau belajar Bahasa Indonesia, maka untuk apa saya di Indonesia? Semua orang Indonesia Wajib untuk belajar Bahasa Indonesia. Walaupun orang itu lahir di luar negeri, atau ia tinggal di luar negeri, pasti ia diwajibkan untuk belajar Bahasa Indonesia.

Menurut seorang yang menulis pada blognya, ia mengatakan bahwa "Bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari karena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan seperti yang tertera pada sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober yang salah satu isinya adalah Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan" (http://vhyo17.wordpress.com/2010/02/17/pentingnya-bahasa-indonesia-bagi-kita/). Saya setju dengan pendapatnya yang sejalan dengan pendapat saya. Bahasa pemersatu kita haruslah kita jaga dengan baik, jangan samapai bahasa kita sendiri menjadi cerminan yang tidak baik untuk diri kita sendiri apalagi bangsa kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar