Sabtu, 27 Februari 2010

Aku dan Seni (Tulisan Bebas)

Seni adalah keindahan di dunia ini, semua yang harmonis dan serasi. Itulah deskripsi seni menurut saya yang sangat menggemarinya. Kenapa saya sangat menggemari seni?
Karena seni dapat memberikan saya ketenangan, kepuasan, dan kesenangan dalam waktu yang bersamaan.

Sejak kecil sebelum saya mengetahui apa itu seni, saya sudah menyukai hal-hal yang berhubungan dengan seni. Seperti waktu di teman kanak-kanak saya selalu senang setiap kali pelajaran mewarnai dan membuat keterampilan dari kertas lipat.

Ketika sekolah dasar saya mulai senang dengan menggambar hal-hal yang ada pada khayalan saya. Seperti robot, pemandangan, dan kaligrafi. Hasilnya kreatifitas saya meningkat pesat dan membuahkan penghargaan berupa juara lomba menggambar.

Saat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya mulai mengenal seni musik. Walaupun pada kelas 3 saya baru bisa memainkan gitar, tapi saya telah mendapat banyak ilmu-ilmu dari sekitar saya sebelumnya. Dan juara ke 3 lomba band pada waktu itu memang layak saya dapatkan dengan keberanian saya untuk tampil di depan orang banyak.

Berikut adalah fungsi-sungsi dari seni menurut seseorang dalam tanya jawab di sebuah situs internet yang memperoleh jawaban terbaik,

Fungsi-fungsi seni:

1. Fungsi indivudual seni
a. Fungsi individual seni untuk memenuhi kebutuhan rohani
Setia individu pasti memiliki emosi dan tuntutan emosi itu perlu disalurkan supaya tidak terjadi menjadi beban bagi dirinya
Bagi seorang seniman emosi itu dapat disalurkan melalui kegiatan seni, seperti melukis mematung dan lain – lain. Karena seni adalah suatu kegiatan yang melibatkan ekspresi yang mendalam, dan mengekspresikan perasaan merupakan kegiatan rohaniah
(http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080826044649AAsJwhG)

Sekarang seni masih melekat pada jiwa saya. Dan sudah banyak pula pengalaman-pengalaman yang saya dapat dari seni yang saya jalani. Ada suka dan suka yang saya dapat. Namun semua itu menjadi pelajaran tersendiri bagi diri saya untuk lebih baik lagi kedepannya.

Saya akan terus hidup bersama seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar