Sabtu, 27 Februari 2010

Definisi Penalaran Menurut Saya

Menurut saya penalaran adalah cara berpikir kita yang abstrak serta daya tangkap tubuh kita terhadap informasi-informasi yang ada disekitar kita. Penalaran penting bagi kita untuk berkomunikasi dengan baik kepada yang lain. Jika penalaran kita tidak baik maka kita akan sulit untuk menerima informasi dan mengolahnya.

Saat ini dengan banyaknya kemajuan teknologi apalagi di bidang komunikasi, banyak orang lebih mudah mendapatkan informasi-informasi penting. Telepon genggam, komputer, internet, dan lain-lain adalah yang dapat membantu dalam penalaran kita.

Namun tidak semua orang mempunyai sistem penalaran yang baik. Masih ada sejumlah orang di waktu dan tempat tertentu belum dapat menerima informasi dengan baik. Padahal informasi tersebut berada jelas dan sebenarnya mudah untuk diterima.

Contohnya adalah ketika seorang ingin menyebrang jalan raya. Orang itu lebih memilih untuk menyebrang sembarangan daripada melewati jembatan penyebrangan atau zebra cross yang berada tidak jauh darinya.

Saya juga mengambil salah satu pendapat dari seseorang di internet yang menulis "Penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam menarik sesuatu ke¬simpulan yang berupa pengetahuan" (http://dinulislami.blogspot.com/2009/10/penalaran-manusia.html). Saya sangat setuju dengan definisi itu, jika kita balikkan kembali pada contoh diatas saat seseorang ingin menyebrang jalan dan dia ternyata menyebrang sembarangan, kaitannya dengan definisi ini adalah seharusnya penyebrang tersebut sudah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan diperbuatnya, namun sayangnya ia salah dalam menarik kesimpulan untuk menyebrang sembarangan.

Hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian kita terhadap informasi-informasi penting disekitar kita yang seharusnya kita terima dengan baik. Jika kita tidak peduli maka sudah tentu sistem penalaran kita tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar