Senin, 05 April 2010

Pentingnya Memiliki Motivasi

apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki motivasi dalam hidup kita?? tentu kita tidak dapat berbuat apa-apa yang ingin kita lakukan. segala yang kita inginkan pun tidak akan tercapai. deskripsi motivasi menurut saya adalah sebuah pemikiran manusia yang abstrak yang dapat membangun rasa semangat, rasa percaya diri pada manusia itu untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang diinginkan.

bayangkan bila kita tidak memiliki motivasi, misalnya dalam hal ini saya menganbil contoh kasus pentingnya memiliki motivasi dalam mendapatkan nilai IPK 3,0. jika kita tidak memiliki motivasi sejak awal untuk mendapatkan nilai IPK tersebut, maka sampai akhir zamanpun kita tidak akan mendapatkan nilai tersebut.

karena di dalam diri kita tidak ada sesuatu yang dapat menggerakkan diri kita ini, sesuatu yang dapat membangkitkan rasa semangat, rasa untuk melakukan suatu yang kita inginkan untuk mendapatkan nilai itu. dan tanpa motivasi maka yang ada adalah rasa putus asa yang selalu membuat kita untuk berhenti sebelum bertindak.

seperti malas kuliah karena membosankan dan tidak asik, malas berangkat pagi karena masih ngantuk, malas mengerjakan tugas karena terlalu banyak tugas yang diberikan dan tidak cukup waktu mengerjakannya, dan masi banyak lagi alasan-alasan yang akan menghambat kita untuk mendapatkan nilai itu.

namun apabila kita memiliki motivasi dalam diri kita, maka tentu pikiran kita akan terbuka dengan hal-hal positif, mental kitapun menjadi kuat dan tidak goyah walau disaat kita tertekan, dan kita akan jadi lebih aktif dalam berbuat sesuatu untuk mendapatkan nilai tersebut.

seperti rajin kuliah walaupun selalu dapat kelas dilantai 4 dan kepanasan, rajin mengerjakan tugas walaupun harus pulang terlambat, dan terus berusaha walaupun hasil yang didapat tidak seperti yang diharapkan. itulah pentingnya memiliki motivasi dalam mendapatkan nilai IPK 3,0.

motivasi seperti ini yang harus kita miliki di setiap diri kita, dan janganlah mudah menyerah begitu saja jika belum berhasil, karena kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda, itu adalah suatu kalimat motivasi untuk kalian semua para pembaca.

suatu forum di tabliodnova.com menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan contoh saya diatas, berikut adalah penjelasannya :


Motivasi dalam diri remaja sangat dipengaruhi oleh factor lingkungan dan keluarga. Beban pelajaran yang begitu berat, gaya hidup dan kemudahan kemudahan yang mereka dapatkan,
Orang tua yang kurang memberikan perhatian dan dorongan terhadap prestasi remaja, kurang menghargai prestasi yang diraih oleh remaja sehinga mereka merasa prestasi yang diraihnya hanyalah sia-sia.

Di sisi lain tanpa disadari , orang tua terlalu memanjakan remaja dengan uang sehingga mereka berpikir tidak perlu berusaha keras untuk mencapai prstasi untuk menghasilkan uang nantinya, karena mereka bisa mengandalkan pada orang tua, yang akhirnya menyebabkan motivasi berprestasi mereka rendah.

Masa muda adalah masa emas, segala hal dapat mereka lakukan. Malah sering diartikan masanya kebebasan

kesenangan demi kesenangan yang sudah, mereka dapatkan dan nikmati akan hilang begitu saja jika kita tidak dapat mempersiapkan diri mereka untuk masa yang akan datang.

Ketika seseorang remaja penuh akan motivasi, serta mempunyai berjuta inspirasi dan segudang kreasi, insya Allah dia akan menggapai prestasi.

Sesungguhnya tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanya orang malas. Tapi, sesungguhnya tidak ada orang yang malas di dunia ini, namun yang ada hanyalah orang yang tidak termotivasi.(http://forum.tabloidnova.com/showthread.php?p=51774)



jika saya berbicara mengenai artikel ini, maka sudah pasti saya sangat mendukung apa yang dituliskan oleh penulis tentang tidak ada orang yang malas di dunia ini, namun yang ada hanyalah orang yang tidak termotivasi. kalimat ini dapat juga menjadi motivasi bagi diri saya sendiri setelah membacanya untuk selalu memperbaiki diri saya ini terutama dalam kuliah saya. dan hari esok harus lebih baik dari hari ini..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar