Sabtu, 22 Mei 2010

persiapan saya menjelang ujian FARABI

saya baru-baru ini telah mengikuti suatu program studi musik yang lembaganya bernama FARABI, dan saya mengambil program musik kontemporer dengan alat musik gitar. saya sudah sekitar 6 bulanan mengikuti program pembelajarannya dan tidak lama ini saya mendapatkan surat anjuran mengikuti ujian untuk kenaikan level karena saya dirasa telah cukup memiliki materi-meteri yang dibutuhkan untuk ujian.

dan persiapan yang saya lakukan setiap hariya adalah yang pertama setiap bangu tidur saya selalu melatih jari-jari saya dengan melakukan finggering pada gitar menggunakan Major scale dalam enam posisi. saya lakukan itu sekitar 5-10 menit sampai jari-jari saya lemas dan sambil menghafal juga bentuk-bentuk scale yang telah diajarkan.

kedua saya juga melatih pengetahuan saya dengan chord-chord yang akan diuji nanti seperti mayor chord, minor chord, dominant chord, half diminished chord, dan diminished chord. dan juga saya menambahkan ekstensinya seperti seven chord pada tiap achord yang saya pelajari.

ketiga saya juga melatih pengetahuan saya tentang interval-interval dari 2 nada seperti major second, perfect four, dan lain-lain. ditambah juga dengan latihan pendengaran saya terhadap interval-interval tersebut agar saya dapat membedakan tipa intervalnya pada saat ujian ear training nantinya.

keempat saya juga melatih kemampuan membaca saya terhadap not-not balok yang ada pada sebuah lagu yang saya pelajari. agar nantinya saya bisa membaca dengan mudah not-not balok apa yang akan diujikan nanti untuk saya mainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar